DwityaVirgo

I'm just an ordinary girl who wants to have many friends and be friends with anyone..smiling all the time and want to make people around me to be happy when they are near me.. :)

Holahola,,,,,,,,
Ketemu lagi ni sama Dwitya.Saya mau share dikit ni tentang cara buad "Read More" di Blog.
Emang sih udah banyak yang posting tentang ini, tapi ga ada salahnya donk saya juga buat artikel yang sama dengan kata-kata yang beda..hahahhaa
Langsung aja deh,biar ga berbelit-belit..hohoho


Kali ini, saya akan membahas mengenai "Read More" yang biasanya ada pada artikel blog. "Read More" ini biasanya digunakan untuk memotong artikel agar tidak terlalu panjang saat ditampilkan di halaman depan (home page) blog. Dengan mengklik tombol "Read More" tadi akan
mengarahkan kita pada artikel selengkapnya yang potongannya sudah terlihat di halaman depan tadi.
Pertama-tama tentunya temen-temen mesti masuk dulu ke akun blogger. Oiya, sebelum kita mulai tutorialnya ada satu hal yang perlu diperhatikan. Apakah temen-temen menggunakan editor entri yang lama atau yang baru? Untuk mengetahui yang dipakai adalah yang lama atau yang baru bisa dilihat perbedaannya pada menu-menu yang ada. Di bawah ini adalah gambar perbedaan antara editor entri lama dengan yang baru:

ini adalah editor entri yang lama

ini adalah editor entri yang baru
Sekarang mari kita masuk ke bagian tutorialnya.
Disini ada 2 cara yang bisa temen-temen praktekkan untuk membuat "Read More", antara lain:

Yang pertama, kalo temen-temen menggunakan template blog asli bawaan blogger dan masih menggunakan editor entri yang lama, begini caranya:
  • Pertama-tama, silakan ketik dahulu artikel yang ingin diposting di blog
  • Lalu, tentukan bagian artikel yang nantinya akan dipotong
Pada bagian artikel yang akan dipotong tersebut masukan kode , biar lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini!
Seperti yg temen-temen bisa liat dari gambar di atas, kita langsung saja ketik kode pada bagian artikel yg akan dipotong.

  • Terakhir, tinggal klik tombol 'Terbitkan Entri' (yg warna oranye) maka artikel dengan "Read More" akan terpampang di blog.

Yang kedua, jika menggunakan template blog asli bawaan blogger dan menggunakan editor entri yang baru maka begini caranya:
  • Pertama-tama, seperti biasa ketik artikel yang ingin dipublikasikan
  • Lalu, tentukan bagian artikel yang nantinya akan dipotong, posisikan kursor pada bagian tersebut
  • Klik tombol "Insert Jump Break" maka akan muncul garis yang menandakan bahwa artikel sudah terpotong, biar lebih jelas silakan liat gambarnya:
 
Oke, itu tadi sedikti buat temen-temen yang berkeinginan membuat "Read More" pada blognya. Tapi untuk kata-katanya nggak cuma bisa "Read More" saja. Kita bisa mengganti dengan kata lain, caranya adalah sebagai berikut:
  • Masuk ke menu Rancangan>Elemen Laman (lihat gambar)

  • Klik menu "Edit" pada bagian Post (lihat gambar)
 
  • Bagian yang dilingkari pada gambar di bawah ini adalah tempat mengganti kata-kata "Read More" menjadi kata lain
 
  • Terakhir, seperti biasa klik tombol "Simpan" yang warnanya oranye.
Nah,,,,Itu tadi sedikit dari saya. Biar kalian ngerti, langsung aja praktekin. Semoga bermanfaat buat teman- teman sekalian..
:)

 
 

0 komentar:

Posting Komentar